Tips Memilih Bisnis Franchise Untuk Pemula

Tips Memilih Bisnis Franchise

Selain modal dan pengembangan produk, sistem (baca: prosedur standard operasional) mungkin hal yang cukup sulit dilakukan bagi sebagian pengusaha yang baru saja memulai bisnisnya. Bermodalkan uang di bawah 10 juta dan sistem yang sudah terbukti berjalan merupakan salah satu peluang yang ditawarkan oleh pemilik waralaba untuk anda yang ingin segera memulai bisnis sendiri tanpa harus pusing memikirkan ketiga hal di atas tadi.

Istilah Populer Dalam Bisnis Waralaba

Sebelum melanjutkan, berikut ini adalah beberapa istilah yang perlu kita ketahui dalam bisnis franchise.

  • Franchise: Model usaha kemitraan dimana franchisee (yang ingin menjalankan usaha waralaba/franchise seseorang) membeli hak produksi dan atau penjualan produk bisnis tertentu berdasarkan kerjasama atau kesepakatan.
  • Franchisor: Pemilik Waralaba
  • Franchisee: Penerima Waralaba (penerima hak)
  • Franchisee fee: Biaya yang dibayarkan franchisee kepada franchisor. Walaupun tidak semua franchisor mengenakan franchise fee pada penerima waralaba, namun pada umumnya pendapatan dari fee ini digunakan sebagai pembiayaan promosi iklan. Manfaat franchisee fee dapat dirasakan bersama oleh pemilik maupun penerima waralaba. Besar fee sangat bervariasi, berkisar 3% dari hasil penjualan.
  • Royalty fee: Biaya yang dibayar oleh franchisee kepada franchisor sebagai bagian dari kontrak untuk ikut serta dalam jaringan bisnis waralabanya. Biaya ini digunakan untuk menutupi hak penggunaan merek. Biasanya dihitung berdasarkan persentase penjualan kotor (atau bersih), bisa dibayar mingguan, bulanan, dll.

Bisnis yang berkelanjutan

Bicara bisnis franchise murah meriah, bukan berarti kita asal pilih karena harganya. Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis yang mampu bertahan di masa krisis? Apalagi bisnis yang bisa melewati masa krisisnya, lalu berkembang.

Ada banyak merek franchise yang bisa jadi pilihan. Tapi bagi yang ingin berbisnis franchise, jangan sampai salah pilih. Jangan pilih bisnis franchise yang cuma usaha musiman. Bandingkan potensi bisnis, jumlah gerai, rekam jejak merek franchise tersebut Di samping itu, fokus pada segmen yang dituju juga penting dalam berbisnis.

Tips Agar Tidak Salah Pilih Bisnis Waralaba

Sebelum anda salah memutuskan pilihan waralaba mana yang ingin anda geluti, sebaiknya lakukanlah beberapa tips di bawah ini.

  1. Cari jenis usaha yang sesuai dengan minat dan bidang kita. Kalau suka memasak, bisa bisnis kuliner. Hobi belanja, bisa bisnis minimarket. Jadikan bisnis seperti hobi. Jika bisnis sesuai dengan minat pribadi, tentu akan lebih nyaman untuk dijalankan.
  2. Lakukan Riset. Ada berbagai situs penyedia direktori bisnis waralaba juga pameran bisnis franchise yang bisa anda kunjungi. Bandingkan satu sama lain, segmen serta potensi market bisnisnya, jumlah cabang yang sudah berjalan, track record bisnis mereka secara umum dari sisi penjualan, support, dan lain sebagainya.
  3. Pilih merek franchise yang sudah bertahan lebih dari 5 tahun. Sebuah usaha memasuki masa krusial di tahun ke-5. Usaha yang belum sampai 5 tahun masih belum melewati masa krusial itu, kurang teruji keberlanjutannya. Jika usaha tersebut bisa melalui tahun ke-5 dengan mulus, biasanya cenderung bisa berkelanjutan (sustainable).

Kesimpulan

Bisnis adalah salah satu bentuk investasi yang memiliki potensi untung dan rugi. Konon, 8 dari 10 bisnis gagal di satu tahun pertama dan 9 dari 10 bisnis akan gagal setelah melewati waktu satu tahun sampai masuk ke usia lima tahun.

Pahami keuangan. Lakukan perhitungan nilai investasi, probalitas margin keuntungan dan waktu yang dibutuhkan untuk kembali modal. Ini adalah indikator penting yang setiap pengusaha harus mengerti dalam menjalankan waralaba jenis apapun.

Salah satu cara meminimalkan kegagalan adalah dengan cara memilih bisnis franchise. Usaha waralaba atau franchise memudahkan bagi pemula, pebisnis pemula bisa belajar menjalani usaha dengan mengenali pola dan risikonya. Namun, jangan asal memilih waralaba, apalagi jika berinvestasi dengan dorongan emosi. Lakukan riset mendalam terhadap pilihan waralaba yang Anda minati.

Link Terkait artikel

Blog ini dikelola oleh Admin tunggal. Mediawarna menyajikan informasi ringan seputar investasi, perencanaan keuangan, kewirausahaan dan lifestyle.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *