Potensi Hobi Kayu Menjadi Bisnis Yang Menggiurkan

Potensi Hobi Kayu

Hobi merupakan salah satu cara untuk melepas stress setelah sekian puluh jam waktu kita habiskan untuk bekerja dalam satu minggu. Ada yang hobinya sekedar menghabiskan waktu bersantai di pemancingan, ada yang suka menonton bioskop, ada yang menghabiskan waktu untuk berwisata kuliner atau bahkan hobi memasak di rumah. Salah satu hobi yang mulai populer adalah woodworking atau hobi kayu.

Aktifitas ini dapat menjadi “obat” stress dan juga berpotensi menjadi profesi/bisnis dengan margin keuntungan yang menggiurkan. Woodworking sebagai salah satu jenis kerajinan tertua di dunia, dapat didefinisikan sebagai seni untuk menciptakan berbagai produk/barang yang terbuat dari kayu dengan bantuan beberapa alat.

Memulai woodworking menjadi hobi tidak terlalu sulit. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk hobi kayu cukup mudah ditemui dan dibeli dari toko perangkat keras (Ace, Mitra 10, Depo Banguan, dll) dan toko-toko material. Secara umum, untuk membentuk kayu ada dua jenis alat yang digunakan, alat perkakas tangan dan alat perkakas listrik.

Sebagai hobi, woodworking bisa sangat menyenangkan dan membawa anda beberapa jam ke dalam “me time” yang kalau boleh saya bilang, sangat seru. Kepuasan itu ada setelah kita berhasil menciptakan berbagai barang dari kayu. Hobi kayu bersifat santai dan dapat menstimulasi otak agar berpikir kreatif, terutama jika anda suka membuat sesuatu. Berbagai barang dekoratif, kabinet penyimpanan barang, meja untuk santai di teras, mainan anak dan banyak lagi.

Seperti yang telah disinggung di atas, hobi kayu juga memiliki potensi sebagai hobi yang menghasilkan. Tidak sedikit yang telah mendapatkan penghasilan ekstra dari hobi kayunya. Beberapa jenis usaha yang dapat dikembangkan dari hobi kayu adalah sebagai berikut;

  • Custom furniture
  • Dekorasi rumah
  • Wood Art (Seni lukis dengan media kayu)
  • Mainan anak dari kayu
  • Gift shop
  • Dll

Namun, selain nominal yang anda dapat, menjalankan sebuah pekerjaan dengan didasari rasa cinta dan kesukaan adalah yang terpenting. Pekerjaan sesuai dengan hobi dapat membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih menyenangkan dan pastinya mudah untuk dikerjakan.

Bagaimana tidak, walaupun bekerja Anda tetap bisa menjalankan hal yang paling disukai. Terlebih lagi jika hobi yang Anda miliki bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

Tidak akan ada beban dan bahkan tidak akan mengenal waktu karena terlalu menikmati setiap momen yang terjadi. Tanpa Anda sadari, hobi tersebut bisa menjadi ladang pendapatan bagi Anda apalagi jika ditekuni dengan bersungguh-sungguh.

Blog, Komunitas dan Referensi Hobi Kayu

Blog ini dikelola oleh Admin tunggal. Mediawarna menyajikan informasi ringan seputar investasi, perencanaan keuangan, kewirausahaan dan lifestyle.

Baca juga