Pola pikir dan kebiasaan lama yang menghambat kekayaan

Bekerja freelance

Terkadang kita memiliki gaji atau pendapatan yang berlebih tapi tetap sulit untuk menyisihkan uang, apalagi untuk meningkatkan kekayaan kita. Jika ini terjadi sebaiknya segera lakukan evaluasi pada diri kita terlebih dahulu sebelum mencari kambing hitam. Ketika merasa kehidupan keuangan kita tidak berkembang sama sekali, itu artinya ada hal yang terlewat dan perlu dibenahi.

Di bawah ini adalah beberapa hal kecil yang harus diubah atau dihindari jika ingin memperbaiki kondisi keuangan kita.

1. Menabung baik tapi itu membiarkan uang anda tidur!

Sejak kecil kita sudah “didoktrin” untuk rajin menabung. Saya tidak mengatakan menabung itu hal yang buruk, tidak! Menabung itu baik, tapi itu hanya jika kita ingin jumlah kekayaan kita hanya sebesar jumlah kita menabung, kenapa? karena uang kita hanya tidur dan tidak bekerja. Mulai sekarang kita coba berpikir, bagaimana caranya untuk meningkatkan pendapatan alih-alih hanya mengumpulkan sisa-sisa pendapatan itu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan, seperti ikut kerja paruh waktu (freelance), membuka bisnis sampingan kecil-kecilan dengan berjualan, atau apapun yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan di luar jam kerja utama kita.

2. Takut berinvestasi

Percaya atau tidak, kita semua perlu melakukan investasi apapun bentuknya untuk masa depan kita. Selain menjadi “jaminan pensiun”, investasi juga bisa melindungi kekayaan kita. Bentuk investasi bisa bermacam-macam, bisa dengan menyimpan perhiasan, emas¬†misalnya, atau juga bisa dalam bentuk tanah atau properti.

Jika saat ini Anda belum berinvestasi, maka sebaiknya segera berinvestasilah, awali dengan yang kecil saja dulu misalnya dengan membeli emas.

3. Melangkah tanpa tujuan jelas

Target atau tujuan yang relistis sangat dibutuhkan dalam proses menata keuangan kita. Jika kita tidak memiliki target sama sekali untuk meningkatkan pendapatan, maka sampai kapanpun Anda akan terbuai kenyamanan yang kita miliki saat ini.

Berada di zona nyaman dapat menjadi hal yang sangat berbahaya, karena kita bisa tergilas roda ekonomi secara perlahan-lahan tanpa disadari sama sekali. Maka sebaiknya segera buat target untuk pendapatan kita, seperti yang telah disebutkan di atas, target tersebut tidak perlu setinggi langit, tapi ada progres yang jelas akan membuat keuangan kita semakin meningkat ke depannya.

4. Segan untuk keluar dari zona nyaman

Biasanya hal ini sering terjadi pada pegawai atau orang yang memiliki usaha kecil dan tidak melakukan pengembangan usaha. Mereka cenderung sulit keluar dari zona nyamannya untuk melangkah lebih maju.

Ketika seseorang keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru, maka itu adalah pertaruhan yang sangat besar dalam hidupnya. Ketidakpastian keuangan akan menjadi momok besar yang harus dihadapi. Jika memang takut berbisnis full time, maka kita bisa mencoba dengan bisnis sampingan di luar kerja kita sebagai pegawai.

Jangan biarkan pola pikir dan kebiasaan lama membelenggu kita untuk mencapai kekayaan yang kita idamkan.

Blog ini dikelola oleh Admin tunggal. Mediawarna menyajikan informasi ringan seputar investasi, perencanaan keuangan, kewirausahaan dan lifestyle.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *