Mencari Partner Bisnis Yang Tepat Agar Usaha Anda Berkembang

Mencari partner bisnis

Bagaimana perkembangan bisnis Anda? Sudah mulai kewalahan karena terlalu banyak kendala yang harus Anda carikan solusinya? Break sejenak, hangout bareng teman baik Anda untuk bertukar pikiran dan refreshing otak, mungkin bisa sedikit meringankan beban pikiran. Atau, mungkin Anda perlu mulai memikirkan untuk mencari partner bisnis dengan visi yang sama dalam mengembangkan usaha.

Banyak pengusaha yang sukses tidak menjalankan bisnis mereka sendirian, mereka memiliki partner yang bisa membantu kekurangan kita dalam berbagai aspek.

Menjalankan bisnis bersama partner yang bisa diandalkan akan sangat membantu Anda untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Sayangnya, mencari seorang partner bisnis bukanlah perkara mudah. Seorang partner bisnis memiliki peranan penting untuk mendukung pengembangan bisnis dengan keterampilan yang dibutuhkan.

Partner bisnis adalah orang yang pertama yang kita temui ketika ingin membagi tugas-tugas perusahaan, agar Anda tidak lagi kewalahan sendiri mencari solusi untuk setiap kendala yang ditemui.

Tapi ingat, jangan terlalu cepat menyimpulkan kalau orang yang paling tepat untuk dijadikan partner bisnis adalah teman baik Anda saat hangout tadi. Berbisnis dan berteman adalah dua hal yang berbeda. Partner bisnis sudah pasti akan menjadi teman baik Anda, tapi teman baik belum tentu bisa menjadi partner bisnis Anda.

Lantas bagaimana cara mencari partner bisnis yang tepat agar usaha Anda bisa berkembang?

1. Visi

Sebelum membahas yang lain-lain, pastikan calon partner bisnis Anda memiliki visi yang sama. Jangan sampai berkompromi dengan hal ini. Lakukan brainstorming tentang bagaimana dengan tujuan jangka panjang bisnis kalian? Pastikan visi yang Anda miliki sejalan dengan visi partner pilihan Anda.

Baca juga: Langkah awal memulai bisnis online shop

2. Behavior

Jika kamu biasa bekerja mulai jam 7 pagi sampai jam 6 sore tapi partner Anda datang dan pulang seperti jadwal kerja karyawan biasa, tentu hal ini akan menjadi masalah. Buatlah kesepakatan dalam jam kerja dan tanggung jawab masing-masing pihak sebelum kemitraan kerja dibentuk agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan atau dibebani terlalu banyak.

3. Mental

Pilihlah partner bisnis yang dapat menenangkan, memotivasi, dan bahkan mendorong Anda untuk sama-sama bekerja lebih baik. Seorang mitra usaha yang memiliki mental seperti ini merupakan partner yang hebat (dan langka). Ketika bisnis sedang sulit, Anda tidak lagi berjuang seorang diri karena mitra bisnis Anda  akan tetap bersama Anda.

4. Skill

Keahlian Anda dan partner bisnis harus dapat saling melengkapi. Jangan mencari partner bisnis yang serupa dengan Anda. Keahlian partner Anda bisa melengkapi kekurangan Anda. Cari seseorang dengan keahlian dan talenta yang bisa dikembangkan dalam sebuah tim.

5. Trust

Setiap hubungan kemitraan yang baik dalam dunia bisnis pasti berlandaskan kepercayaan pada satu sama lain. Kejujuran merupakan barang yang sangat mahal. Bisakah Anda mempercayai sepenuhnya partner bisnis Anda? Jika Anda masih memiliki rasa ragu dan curiga terhadap partner Anda, mungkin lebih baik Anda segera mencari partner bisnis yang lain.

Blog ini dikelola oleh Admin tunggal. Mediawarna menyajikan informasi ringan seputar investasi, perencanaan keuangan, kewirausahaan dan lifestyle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *