Manfaat yang terkandung dalam jeruk nipis

Manfaat Jeruk Nipis

Sudah bukan rahasia lagi, buah yang satu ini memang memiliki bahak manfaat. Jeruk nipis yang dalam bahasa Latin disebut citrus aurantifolia, selain sering digunakan sebagai penyedap masakan, minuman penyegar, campuran jamu, ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan karat pada logam seperti stainless.

Nutrisi Jeruk Nipis

Sebagai herbal alami, jeruk nipis tentunya memiliki banyak kandungan nutrisi yang membuatnya dapat melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan kuat, asam sitrat, besi, tembaga, kalium, dan kalsium.

Beragam Manfaat untuk Kesehatan?

Obat Batuk – Ketika sedang sakit batuk, berapa banyak saudara/kawan yang menyarankan untuk menggunakan jeruk nipis sebagai obat batuk? Pernah anda coba mempraktekannya?

Jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan zat-zat tertentu yang mampu meredakan batuk. Selain sebagai obat batuk, buah jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas, menambah nafsu makan, dan mengatasi suara serak.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa memang benar bahwa ramuan jeruk nipis + kecap + air hangat dapat membantu dalam meredakan batuk.

Catatan: Banyak hal yang dapat menyebabkan batuk, ada kalanya penggunaan ramuan jeruk nipis saja tidaklah cukup dalam mengatasi gejala batuk. Oleh sebab itu pemeriksaan ke dokter tetap diperlukan guna mengidentifikasi penyebab dari batuk tersebut.

Membunuh Bakteri – Nilai vitamin C dari buah ini adalah 35 persen dalam tiap 100 gram. Selain itu, jeruk nipis merupakan sumber serat makanan yang baik serta memiliki kandungan aneka nutrisi lainnya.

Tambahkan jeruk nipis pada air minum dan biarkan air minum terpapar sinar matahari selama 30 menit, jeruk nipis sendiri dianggap sebagai anti bakteri dan dapat disebut sebagai antioksidan.

Buah ini mampu membunuh bakteri berbahaya, seperti E. Coli yang mencemari air minum (sumber penelitian).

Akan tetapi segala hal yang berlebihan pastilah akan membawa efek yang buruk. Hindarilah mengonsumsi jeruk nipis apabila Anda mempunyai riwayat gangguan kesehatan pada lambung.

Mengatasi jerawat, membuat kulit lebih cerah dan menghambat penuaan – Faktanya, untuk hal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian. Bahkan, meskipun dipercaya dapat membunuh bakteri di kulit, jeruk nipis ternyata juga tidak bisa digunakan sembarangan.

Jika mengingat jeruk nipis mengandung asam hidroksi alfa, memang hal tersebut bisa jadi memungkinkan. Asam hidroksi alfa membantu membuka penyumbat pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati ketika dioleskan langsung pada kulit wajah yang berjerawat.

Yang perlu diingat adalah penggunaan jeruk nipis secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Apalagi untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Menurunkan Demam – Jika seseorang menderita demam ringan, air jeruk nipis dapat menjadi obat alternatif. Buah yang mengandung vitamin C dalam konsentrasi tinggi ini dapat diberikan untuk mengatasi demam agar suhu kembali menurun secara alami.

Es Jeruk Nipis Bikin badan jadi Segar!

Es Jeruk Nipis
Es Jeruk Nipis

Baru lihat fotonya aja sudah bikin segar kan? Nah, ini dia bonus resep sederhana minuman segar yang bikin badan jadi fresh lagi.

Bahan-bahan

  • 2 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 3 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • daun mint
  • air putih
  • es batu

Cara Buat

  1. Aduk, larutkan gula dan air putih dalam gelas.
  2. Setelah gula larut, tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk rata.
  3. Tambahkan es batu
  4. Celupkan 2 buah irisan jeruk nipis dan daun mint
Blog ini dikelola oleh Admin tunggal. Mediawarna menyajikan informasi ringan seputar investasi, perencanaan keuangan, kewirausahaan dan lifestyle.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *