Bisnis Online 101 – Kode Identifikasi Bank

SWIFT Code Bank di Indonesia

Bagi yang ingin berbisnis online, khususnya apabila Anda berurusan dengan transfer uang antar bank lintas negara Anda akan bertemu dengan istilah SWIFT/BIC, IBAN dan Branch Clearing Code. Kalau Anda transfer uang lewat bank secara domestik/lokal di negara tertentu, seperti di Inggris atau Irlandia, Anda perlu Sort Code.

Pengertian SWIFT/BIC, IBAN, dan Sort Code

SWIFT/BIC

SWIFT (Society for World-wide Interbank Financial Telecommunications) merupakan kode khusus untuk merujuk salah satu bank yang ada di seluruh dunia. Nama lainnya adalah Bank Identifier Code (BIC). Formatnya:

AAAA BB CC DDD

AAAA = Kode bank
BB = Kode negara
CC = Kode bank pusat
DDD = Kode bank cabang (opsional)

Contoh;

SWIFT Code/Kode Bank Central Asia (BCA) kantor pusat di Indonesia adalah CENAIDJA.

SWIFT Code/Kode Bank Syariah Mandiri (BSM) kantor pusat di Indonesia adalah BSMDIDJA.

Untuk daftar lengkap kode SWIFT Bank di Indonesia bisa Anda lihat di sini.

 

IBAN

IBAN singkatan dari International Bank Account Number. Ini nomor akun untuk transaksi terima uang secara internasional, namun tidak menggantikan no akun bank standar Anda.

 

Sort Code

Sort Code adalah kode identifikasi bank. Istilah lainnya adalah Branch Clearing Code dan Rounting Number. Bank-bank seperti di Inggris dan Irlandia memerlukan kode ini untuk transfer uang antar bank di dalam negeri. Kode ini juga digunakan untuk transfer uang dari luar negri untuk bank-bank yang tidak memiliki IBAN.

Beberapa platform pembayaran online akan meminta informasi Branch Clearing Code yang harus diisi dengan 4 digit angka sesuai bank yang anda gunakan.

Penambahan Branch Clearing Code ini bertujuan untuk mengidentifikasi Bank Anda sehingga nanti jika suatu saat ingin tarik dana (withdraw) tidak akan terjadi masalah.

Branch Clearing Code adalah Kode Kliring Cabang Bank anda. Setiap bank didaerah tertentu memiliki kode kliring berbeda beda, banyaknya kode kliring bank biasanya terdiri dari 7 digit angka baik untuk Bank BRI, BCA, BNI, dan bank yang lain. 3 Digit angka adalah kode bank-nya, 4 digit selanjutnya adalah kode cabangnya.

Contoh:

KODE BANK BCA KCU KANTOR PUSAT OPS adalah 0140001

 

Blog ini dikelola oleh Admin tunggal. Mediawarna menyajikan informasi ringan seputar investasi, perencanaan keuangan, kewirausahaan dan lifestyle.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *