Investasi Emas Batangan atau Perhiasan?

Investasi emas antam online

Emas menjadi pilihan berinvestasi karena harganya yang terbilang stabil. Setiap hari, antrean peminat di PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), perusahaan yang mengeluarkan logam mulia (LM), tak pernah surut. Emas seolah telah menjadi sebuah pesona tersendiri di dunia investasi, sehingga sepanjang tahun tidak pernah sepi dari peminat investasi.

Dalam dunia investasi, di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dunia, emas bisa dipakai sebagai alternatif pengimbang (baca: diversifikasi) portofolio investasi kita. Emas memang tak pernah membuat orang menjadi kaya. Apalagi makin kaya. Tapi, emas membuat kita tetap kaya karena nilai emas tidak sama dengan uang. Setiap tahun, nilai tukar uang tergerus inflasi. Sedangkan emas tidak akan terpengaruh. Nilainya akan tetap sama.

Emas batangan (LM) dan emas perhiasan memiliki kerakteristik serta keunggulan masing-masing. Sebagian besar orang menganggap bahwa investasi dalam bentuk LM akan lebih tepat dan menguntungkan, namun hal ini akan sangat tergantung pada tujuan investasi Anda dan juga kondisi keuangan yang Anda miliki. Keduanya akan memberikan nilai yang berbeda dalam investasi yang Anda lakukan.

Emas Batangan

Emas batangan merupakan bentuk investasi yang ideal dilakukan dalam jangka panjang, sebab harga jual kembalinya terbilang tinggi dan juga stabil. Kemurnian emas batangan lebih terjamin karena setiap transaksi yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang mencakup: nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya. Saat ini investasi emas LM sudah dapat anda lakukan sendiri secara online melalui unit usaha PT. ANTAM (Persero) Tbk yang bernama BRANKAS.

Emas Perhiasan

Emas dalam bentuk perhiasan jauh lebih mudah didapatkan, ada banyak toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan, bukan hanya di kota besar saja, dengan begitu, orang akan lebih mudah membeli atau bahkan menjual kembali emas yang mereka miliki.

Investasi dalam bentuk perhiasan memang masih cukup beresiko, selain nilainya jual yang umumnya terpotong biaya pembuatan, selalu ada kemungkinan Anda mendapatkan perhiasan emas palsu di pasaran. Selalu teliti kadar emas yang akan Anda beli, agar Anda tidak mengalami sejumlah kerugian atas investasi yang Anda lakukan.

Ketika anda memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk emas perhiasan, pertimbangkan memilih jenis perhiasan yang desainnya tidak terlalu rumit agar Anda tidak terbebani tingginya biaya pembuatan.

Setiap tahun, nilai tukar uang tergerus inflasi. Sedangkan emas tidak akan terpengaruh. Nilainya akan tetap sama.

Apapun pilihan investasi emas yang akan Anda lakukan, akan sangat penting untuk menentukan tujuan utama dari investasi Anda, sehingga manfaat investasi tersebut bisa maksimal di masa yang akan datang.

Pertimbangan sebelum berinvestasi emas

1. Jangka Waktu Investasi

Jika tujuan investasi Anda jangka panjang, maka ada baiknya Anda melakukan investasi dalam bentuk emas batangan saja, sebab emas dalam bentuk batangan akan memiliki nilai jual yang lebih stabil jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap perhiasan memerlukan biaya pembuatan yang nilainya sangat subjektif. Besarnya tergantung dari desain perhiasan itu sendiri (tingkat kesulitan & trend). Ketika perhiasan tersebut dijual, sejumlah biaya pembuatan yang Anda keluarkan di awal itu tidak akan dihitung pada harga jualnya.

2. Harga Jual Emas

Ketika Anda akan melakukan investasi dalam bentuk emas, perlu diperhatikan harga yang sedang berlaku di pasaran. Saat harga sedang fluktuatif dan cenderung tidak stabil selama beberapa pekan terakhir, maka sebaiknya Anda tunda dulu niat untuk melakukan investasi emas.

Hindari berinvestasi dalam bentuk emas ketika harga pasarannya sedang melonjak tinggi, hal ini akan berisiko menimbulkan kerugian di masa yang akan datang.

Tautan

Blog ini dikelola oleh Admin tunggal. Mediawarna menyajikan informasi ringan seputar investasi, perencanaan keuangan, kewirausahaan dan lifestyle.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *