3 Kunci Sukses Usaha Laundry Kiloan

Consepto, Jogya - peralatanlaundry.com

Sebelum era-nya laundry kiloan, dulu untuk mencuci pakaian di laundry rasanya sayang betul mengeluarkan uangnya, kalaupun harus, biasanya hanya sebatas baju-baju pesta, jas atau yang bahannya agak sensitif. Karena memang dulu biaya laundry tidak semurah sekarang, apalagi dengan semakin menjamurnya usaha laundry kiloan seperti saat ini.

Perubahan gaya hidup masyarakat menghidupkan peluang bisnis laundry kiloan

Sekarang kondisinya sudah jauh berbeda, jadwal kerja atau kesibukan masyarakat perkotaan membuat mereka tidak punya waktu untuk mencuci dan membersikan pakaian-pakaian mereka sendiri di rumah. Kedua, biaya air dan listrik ya ng terus naik membuat kita berpikir lag untuk mencuci semua pakaian di rumah.

Mungkin kondisi tersebut juga yang menjadi alasan tumbuhnya usaha laundry saat ini. Dengan besarnya permintaan pasar, bisnis ini dipandang cukup menjanjikan untuk dijalani. Seperti bisnis pada umumnya, usaha ini tidak lepas dari persaingan yang semakin kompetitif.

Lalu apakah masih ada cukup kue yang bisa dibagikan kepada pemain baru? Apabila menengok kondisi saat ini, bisnis laundry kiloan masih sangat prospek. Pasarnya masih bertumbuh dengan semakin maraknya pembangunan apartment dan perumahan-perumahan baru.

Untuk bersaing dalam pasar yang sudah tumbuh ini dibutuhkan inovasi-inovasi baru dan tentunya tetap menjaga standar kualitas pelayanan yang ada. Apa saja kunci sukses mengelola usaha laundry kiloan agar tidak hanya bertahan tapi juga mampu berkembang menjadi besar?

Berikut adalah 3 kunci utama yang bisa diterapkan pada bisnis laundry kiloan Anda.

1. Jeli memilih lokasi bisnis yang strategis

Lokasi strategis untuk setiap jenis usaha pastinya berbeda. Masing-masing memiliki karakter target konsumen yang juga berbeda. Tidak hanya ramai dilewati orang, faktor dekat dengan lokasi konsumen juga merupakan hal yang seharusnya dicari oleh para pelaku bisnis laundry kiloan saat akan membuka usahanya.

Ruang usaha di sekitaran daerah kost (area dekat kampus, perkantoran) atau daerah perumahan atau apartment yang telah ramai penghuninya. Lokasi menjadi hal yang penting karena konsumen dan pelanggan bisnis laundry kiloan ini didominasi mereka masyarakat ekonomi menengah yang masih terbiasa atau nyaman bila bertransaksi langsung dibandingkan sistem door to door.

2. Hubungan baik dengan pelanggan

Apapun jenis usahanya, apabila konsumen sudah nyaman dan percaya dengan Anda, mereka pasti akan kembali lagi. Bagaimana caranya? Kualitas! Anda harus menjaga kualitas layanan usaha laundry kiloan Anda. Kepuasan akan menjadikan konsumen Anda setia.

Jangan pernah sepelekan detail-detail kecil seperti seperti kebersihan dan kerapihan tempat usaha Anda. Hasil cucian yang bersih, packaging yang rapih dan ketepatan waktu merupakan unsur-unsur utama yang menjadi standar kepuasan konsumen pada bisnis laundry kiloan. Harga? Saat Anda telah mampu membuat konsumen puas secara terus-menerus dengan kualitas laundry Anda, mereka akan menjadi pelanggan setia dan biasanya, harga bukan lagi menjadi faktor utama dalam membuat keputusan.

Kejujuran akan menghindari Anda pada kekecewaan konsumen yang bisa mengancam bisnis Anda.

3. Laundry Kiloan Tepat Waktu

Jika Anda mampu membuat sistem kerja yang baik, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari waktu yang dijanjikan. Ini akan menjadi nilai lebih atau faktor pembeda usaha Anda diantara kompetitor di mata konsumen Anda.

Semua laundry kiloan mungkin menjajikan tepat waktu, tapi tidak semua mampu menuntaskan janji tersebut. Cobalah membuat waktu yang realistis pada konsumen saat Anda mendapat banyak order. Susun jadwal kerja dengan teliti dan berkomunikasilah dengan pekerja Anda.

Jangan hanya karena ingin meraup untung besar, lantas Anda berbohong memberikan waktu yang sebenarnya tak mungkin Anda selesaikan. Jujur dalam berbisnis. Kejujuran akan menghindari Anda pada kekecewaan konsumen yang bisa mengancam bisnis Anda.

Persaingan di bisnis laundry kiloan sudah semakin sengit, selain 3 hal utama di atas yang menjadi dasar kesuksesan bisnis Anda, Anda juga harus melakukan berbagai terobosan baru yang inovatif. Bertanya langsung secara personal kepada konsumen Anda adalah cara yang menurut saya paling efektif untuk mendapatka ide baru untuk mengembangkan usaha.

(Foto cover: Consepto, Jogya – peralatanlaundry.com)

Blog ini dikelola oleh Admin tunggal. Mediawarna menyajikan informasi ringan seputar investasi, perencanaan keuangan, kewirausahaan dan lifestyle.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *